Skip to main content

[Review Anime] Kokkoku

[Review Anime] Kokkoku - Hi friends, I hope you are all in good healthanimeanimenews, In the article you are reading this time with the title [Review Anime] Kokkoku, We have prepared this article well for you to read and take information in it. hopefully the contents of the post Artikel 2018, Artikel Drama, Artikel Mystery, Artikel Psychological, Artikel Related Post, Artikel Review Anime, Artikel Seinen, Artikel Supernatural, what we write you can understand. ok, happy reading.

Title : [Review Anime] Kokkoku
link : [Review Anime] Kokkoku

Baca juga


[Review Anime] Kokkoku

Kokkoku


Dari sekian banyak cerita yang telah ceritakan, baik dalam bentuk komik, novel, atau film, cerita tentang manipulasi waktu selalu menarik untuk diikuti. Mulai dari cerita perjalanan waktu hingga tokoh yang bisa menghentikan waktu. Kali saya akan mereview sebuah anime yang mengangkat cerita di mana ada dunia selain dunia yang kita huni sekarang, yaitu dunia yang bernama Shikai. Anime ini memiliki cerita yang unik dan tidak segan - segan menampilakan betapa berbahaya hidup di dunia Shikai.

Tanggal Rilis
: Jan 8, 2018
Type: TV
Genre: Psychological, Supernatural, Drama, Mystery, Seinen
Durasi: 23 Menit per Eps
Episode: 12
Rating: 7.21
Sumber Cerita: Manga
Studio: Geno Studio

Sinopsis
Juri Yukawa adalah seorang gadis yang tinggal bersama ayah dan kakak laki-lakinya yang pengangguran, kakak perempuan yang sudah memiliki anak, keponakan, serta kakeknya. Selama 30 menit, Juri dituntut untuk menyediakan uang yang banyak untuk menebus kakak dan keponakannya dari tangan penculik. Karena waktu yang disediakan sangat terbatas, Juri memutuskan untuk pergi menyelamatkan mereka dengan bermodalkan sebuah pisau. Namun, tindakannya dihentikan oleh kakeknya. Sang kakek mengeluarkan sebuah batu misterius yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Karena batu misterius itu, seketika waktu di dunia ini berhenti kecuali mereka yang menggunakannya.

PV
 

Jalan Cerita
Sebagai sebuah cerita misteri, anime ini memulainya dengan baik. Anime ini mampu segera menakar dengan tepat seberapa banyak informasi yang perlu diungkap untuk membuat rahasia seputar dunia Shikai dan kekuatan Supernatural para tokohnya seketika terasa menarik, dan seberapa banyak yang harus tetap disembunyikan untuk sekaligus memicu rasa penasaran dari penonton. Dan begitu pula selama bercerita dari episode ke episode, anime ini masih terus menunjukkan kemampuan serupa dalam menjaga keseimbangan tersebut, menjawab sebagian pertanyaan penonton agar ceritanya tetap terkesan berkembang tetapi sambil mengajukan pertanyaan - pertanyaan baru yang menggali semakin jauh ke dalam misterinya. Hanya saja, sayangnya dunia Shikai dan kekuatan Supernatural yang menjadi inti di mana keseluruhan misteri itu berputar, meski awalnya tampak telah direncanakan dengan matang, ternyata kemudian memiliki sejumlah aturan yang tidak konsisten. Misalnya, tidak ada aturan pasti tentang bagaimana sebenarnya seseorang bisa memasuki dunia Shikai tersebut. Jika sebelumnya anime ini mengatakan bahwa seseorang harus melakukan ritual atau tindakan khusus, belakangan anime ini justru mengatakan bahwa para tokohnya juga bisa masuk ke Shikai secara tidak sengaja atau di luar keinginan mereka. Namun kalau memang demikian, kenapa tidak semua orang yang secara tidak sengaja masuk ke Shikai ? Kenapa cuma orang - orang tertentu saja ? Benar, kelihatannya anime ini memaksa untuk mengubah aturan awal tentang dunia Shikai hanya supaya dia bisa menyertakan orang - orang tertentu tersebut di dalam ceritanya. Dan jika aturannya seenaknya dapat begitu saja berubah setiap saat, bukankah dunia Shikai mendadak tidak lagi terasa menarik untuk dipelajari lebih lanjut ?. Kira - kira setelah pertengahan cerita, dunia Shikai hanya menjadi setting hampa yang tidak banyak berarti, dan kekuatan Supernatural para tokohnya pun cuma menjadi semacam jurus - jurus superfisial yang akan saling mereka adu ketika bertarung di sepanjang episode - episode yang tersisa.

Karakter
Beberapa tokoh utama di anime ini terasa dipaksakan untuk terlibat di dalam cerita. Bukan cuma dari cara mereka masuk ke dunia Shikai sebagaimana yang sudah saya ceritakan di atas, melainkan juga dari bagaimana mereka bisa begitu saja mengetahui informasi yang seharusnya tidak mungkin bagi mereka untuk ketahui. Tampaknya anime ini memusatkan seluruh perhatiannya hanya untuk memberi para tokohnya motivasi awal agar mereka lalu secara alami ingin melibatkan diri dengan dunia Shikai. Dan sebenarnya anime ini telah melakukan hal ini dengan sangat baik, yang kemudian juga ikut membantu sehingga cerita anime ini dapat berjalan dengan lancar dan teratur. Namun, dalam hal membangun latar belakang dan pengetahuan dasar yang akan memungkinkan motivasi itu sendiri bisa muncul secara alami, anime ini ternyata belum cukup terampil.


Art
Bagian visualnya tidak punya masalah yang terlalu besar, namun ada yang terasa aneh pada dialog di anime ini. Meski maksud yang ingin disampaikan para tokohnya selalu dapat segera dimengerti, mereka terasa mengutarakan dengan cara yang salah, seperti ketika Juri meninggikan suaranya terlalu cepat saat sedang marah. Ya, siapapun bisa langsung tahu bahwa dia marah, tetapi apakah memang suara seseorang normalnya akan naik-turun semudah itu ?. Entah apakah penyebabnya terletak pada penulisannya sendiri sejak awal ataukah pada voice-acting yang menyajikannya kemudian, dialog di anime ini terkadang terdengar ... tidak alami. Untuk grafisnya sendiri saya akui sudah cukup bagus, walaupun studionya adalah studio yang baru pertama kali saya dengar, tapi entah mengapa mereka berhasil menggambarkan setiap detailnya dengan cukup oke.


Musik
Musik Openingnya dengan judul “Flashback” by MIYAVI vs. KenKen, saya akui cukup bagus. Dengan lirik yang di campur dengan bahasa Inggris membuat telinga saya terasa nyaman, unsur misteri di alunan musiknya pun cukup terasa. Dan untuk musik Endingnya dengan judul “Asayake to Nettaigyo” by Boku no Lyric no Bouyomi terdengar lebih nyaman dan lembut, walaupun liriknya agak cepat, namun malah terdengar enak.

Overall
Jalan Cerita: 7 / 10
Karakter: 7 / 10
Art: 7.8 / 10
Musik: 7.6 / 10
Kokkoku: 7.4 / 10

Anime ini memulai dengan awal yang menjanjikan, namun tidak butuh waktu lama sebelum kalian menyadari bahwa anime ini tidak akan mampu memenuhi janji tersebut. Misterinya yang semula terlihat rumit dan penuh dengan hal - hal aneh ternyata hanyalah sebuah dalih setengah matang yang dia buat dengan paksa agar para tokohnya bisa saling bertemu. Berkat storytelling yang teratur rapi, secara khusus jalan ceritanya sangat nyaman untuk diikuti, tetapi sebaiknya jangan berharap akan menemukan sesuatu yang istimewa di anime ini.


That's the article [Review Anime] Kokkoku

That's it for the article [Review Anime] Kokkoku this time, hopefully can be useful for all of you. okay, see you in another article post.

You are now reading the article [Review Anime] Kokkoku with link address https://animeanimenews.blogspot.com/2019/03/review-anime-kokkoku.html
Comment Policy: Please write your comments that match the topic of this page post. Comments containing links will not be displayed until they are approved.
Open Comments
Close Comment